oleh

Target Jadi Lumbung Padi di Sultra Kepulauan, Pembangunan Irigasi di Mubar Terus Digenjot

Reporter : Jul Awal Sanatu / Editor: Kang Upi

LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Dinas PUPR Mubar berkomitmen mewujudkan visi dan misi yang digagas Bupati dan Wakil Bupati Mubar, Rajiun Tumada dan Achmad Lamani.

Visi yang diusung duet pasangan kepala daerah berakronim Rahmat-nya Muna Barat diperiode tahun 2017 – 2022, salah satunya adalah menjadikan Mubar sebagai Lumbung Padi di Sultra Kepulauan.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin melalui Koordinator Media Center Pembangunan PUPR Mubat, Surachman mengatakan, di tahun 2021 telah diusulkan penanganan daerah irigasi Katangana.

Program pembangunan di sektor pengairan tersebut rencananya akan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.

“Sesuai hasil sinkronisasi DAK Sub Bidang Irigasi pada 2- 4 September 2020 di Tangerang, Pemda Mubar akan kembali menerima kucuran anggaran DAK Sub Bidang Irigasi sebesar kurang lebih Rp 9 Milyar,” ungkap Surachman, Rabu, 9 September 2020.

Menurutnya, daerah Irigasi Katangana merupakan salah satu daerah irigasi di wilayah Mubar dengan luas lahan fungsional saat ini seluas 240 Ha dan luas potensial seluas 624 hektar.

“Ini sebagai salah satu program visi misi Laode M Rajiun dan Achmad Lamani dimana Mubar ditargetkan sebagai lumbung padi Sultra Kepulauan,” tandasnya.

Terkini