Raih Prestasi di OSN, Diknas Mubar Janjikan Bonus Rp 25 Juta Untuk Siswa

Reporter : Jul Awal

LAWORO – Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjanjikan bonus sebesar Rp 25 juta bagi siswa yang bisa berprestasi di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Hal itu diungkapkan Plt. Kadis Diknas Mubar, Jamuddin dalam sambutannya saat membuka KSN tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Mubar di Kantor Diknas Mubar di Desa Wakoila  Kecamatan Sawerigadi, Kamis 12 Maret 2020.

Menurutnya, bonus tersebut akan diberikan kepada siswa dan guru yang bisa meraih juara diajang KSN dan bisa mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Siapa saja yang meraih juara dan wakili Sultra nanti, saya akan kasih bonus uang sebesar Rp 5 Juta. Dan jika ada siswa yang lolos 10 besar di ajang Nasional, saya akan berikan bonus sebesar Rp 25 Juta. Selain itu, Gurunya akan diberikan bonus,” kata Jamuddin.

Jamudin berharap kepala sekolah dan guru bersemangat membimbing dan mendidik siswa, agar target juara di kompetisi pendidikan baik olimpiade tingkat provinsi dan nasional dapat diraih.

“Jangan tiba masa tiba akal. Makanya jauh hari sebelum kegiatan seleksi harus dipersiapkan, dari tiga atau empat bulan sebelum kegiatan seleksi panitia harus mempersiapkan semua,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia KSN La Umbas menuturkan, KSN bertujuan memotivasi siswa dan guru dalam meningkatkan kecerdasaan tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Dijelaskannya, soal KSN tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Sebab soal KSN tahun ini dibuat tim dari Kementrian sedangkan, tahun sebelumnya soal KSN dibuat Diknas setempat.

“Peserta KSN tahun ini 66 siswa, 33 peserta mata pelajaran IPA dan 33 mata pelajaran Matematika. Kami akan berikan piala tetap bagi juara 1, 2 dan 3 serta uang bonus sebesar Rp 800 ribu bagi juara 1, Rp 600 ribu bagi juara 2 dan Rp 400 ribu bagi juara 3,” ungkap Umbas.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda