Polsek Kusambi Intensifkan Patroli dan Sosialisasi Harkamtibmas

Reporter : Jul Awal

LAWORO – Kepolisian Sektor Kusambi (Polsek) Kusambi Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) rutin menggelar patroli pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Kapolsek Kusambi Ipda Abdul Hasan mengatakan, guna mencegah tindak pidana kriminal di masyarakat, pihaknya intens lakukan patroli dan sosialisasi Kamtibmas.

Menurutnya, sosialisasi itu dilakukan untuk menekan angka kriminal, yang umumnya terjadi setelah mengonsumsi minuman keras (miras), yang telah mentradisi di masyarakat.

“Kami selalu rutin patroli dan pengamanan untuk melakukan pencegahan tindak pidana. Baik pengamanan tertutup dan terbuka,” kata Abdul Hasan di kantornya, Kamis 20 februari 2020.

Abdul menuturkan, giat itu juga adalah bagian dari agenda cipta kondisi (cipkon) masyarakat, yang bertujuan untuk memelihara situasi Kamtibmas.

Selain patroli, kata Abdul, bentuk pencegahan lain yang dilakukan yakni sambang desa, yakni dengan kunjungan kepada komunitas dan kelompok masyarakat yang ada.

“Intinya membina hubungan silaturrahim dengan masyarakat. Kami itu melayani dan mengayomi masyarakat,” terang mantan Kanit Regident Lantas Polres Muna ini.

Pihaknya juga kerap mengadakan sweeping kendaraan yang lewat untuk mencegah adanya potensi penyelundupan minuman keras.

Abdul mengajak kepada masyarakat agar selalu menjaga Harkamtibmas, menjauhi miras, serta selalu menjaga hubungan baik kekeluargaan dan harmonisasi dengan sesama.

“Mari kita jaga keamanan dan ketertiban, hubungan dan harmonisasi keluarga. Karena pada dasarnya kita semua bersaudara, ” himbaunya.

Untuk diketahui, Polsek Kusambi didukung 12 personil untuk mengamankan 15 Desa dan satu kelurahan di dua kecamatan, yakni Kusambi dan Kecamatan Napano Kusambi.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda