oleh

Plt Bupati Mubar : ASN dan Perangkat Desa Harus Mampu Menyesuaikan Diri

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Covid-19 telah mengubah pola hidup manusia dalam segala aspek kehidupan. Dari sisi pemerintahan, era new normal telah mengubah perilaku birokrasi.

Tanpa disadari, cara kerja pemerintahan ditengah pandemi covid-19 telah memasuki tatanan kehidupan baru atau era industri digitalisasi.

Plt. Bupati Muna Barat (Mubar) Achmad Lamani mengatakan sistem pemerintahan saat ini telah dilaksanakan dengan sistem tekhnologi berbasis digital.

“Sadar tidak sadar suka tidak suka saat ini kita memasuki tatanan kehidupan baru. Cara kerja pemerintahan seperti pertemuan-pertemuan selalu semua serba virtual, kita selalu laksanakan daring, ” kata Achmad Lamani saat apel gabungan lingkup Pemda Mubar, Senin, 26 Oktober 2020 di kantor Bupati.

Ia mengungkapkan saat ini kita sudah memasuki era digital. Olehnya itu, dirinya menyampaikan untuk bisa menghadapi situasi zaman yang serba digital itu, ASN dan perangkat desa harus sudah memahami komputer.

“Inilah yang dinamakan era new normal. Kita tidak bisa mengandalkan kemampuan berpikir dari face to face. Tetapi dituntut bekerja di rumah (home work). Ini dampak dari covid-19. Tapi Pelayanan masyarakat harus tetap berjalan dengan baik,” tambahnya.

Ia berpesan kepada semua ASN dan perangkat desa agar tanda-tanda ini dipelajari baik-baik dan menyesuaikan.

“Ini jangan dipandang remeh. Ketika kita tidak bisa menyesuaikan dengan itu maka sudah tentu akan ketinggalan,” jelasnya. (3).

Terkini