oleh

Peringati HUT RI ke-75, Mubar Terima Penghargaan dari BPS

Reporter: Jul Awal Sanatu

LAWORO – Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai daerah dengan masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada usai upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75 di Lapangan Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Senin, 17 Agustus 2020.

Atas penghargaan yang diterimanya ini, Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada menuturkan, dirinya mengapresiasi proaktif masyarakat dalam melakukan sensus secara online.

“Saya kira ini cukup luar biasa masyarakat kita partisipatif dalam hal data dan ini sesuai harapan pemerintah agar masyarakat melakukan sensus secara mandiri atau online,” ungkap Rajiun kepada awak media usai upacara.

Rajiun mengaku, dirinya terus mendorong Pemkab Mubar untuk proaktif dan mendukung serta ikut menyukseskan program pemerintah pusat maupun daerah yang dapat menunjang keberhasilan pembangunan.

“Ya karena ini menunjang statistik data Kabupaten Muna Barat sebagai program pembangunan Muna Barat kedepan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Muna – Muna Barat, Kadir Pua menyatakan Mubar berhasil melampaui target yang ditetapkan BPS RI, dimana capaian sensus penduduk (SP) online sebanyak 4.046 KK dan 17.234 jiwa atau 18,77 persen dari seluruh KK yang ada di Mubar.

Kadir menyebut, dengan capaian tersebut, sebanyak 81,23 persen KK yang belum melakukan SP online akan dilakukan sensus penduduk secara off line atau dengan metode DOPU (drop out pick up).

“Artinya petugas sensus akan mendatangi setiap keluarga yang belum melakukan SP Online dan menyerahkan daftar pertanyaan atau kuesioner untuk diisi secara benar oleh KK bersangkutan dan diserahkan kembali kepada petugas sensus,” jelas Kadir saat dikonfirmasi via whatsapp, Minggu, 17 Agustus 2020.

Menurutnya, pendataan ini akan dilakukan pada 1 sampai 30 September 2020 oleh 72 Petugas Sensus (termasuk Koordinator Statistik Kecamatan) dibantu ketua satuan lingkungan setempat.

Dirinya berharap, masyarakat di Mubar dapat berpartisipasi aktif dengan menerima petugas sensus serta dapat mengisi kuesioner yang diberikan dan mengembalikan kepada petugas sensus dalam waktu yang cepat.

“Keberhasilan pelaksanaan sensus penduduk sangat ditentukan oleh peran serta aktif seluruh masyarakat,” tutupnya.

Terkini