oleh

Peringati HAB Ke-75, Kemenag Mubar Sosialisasikan “Indonesia Rukun”

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Dalam rangka memperingati hari amal bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-75, Kemenag Kabupaten Muna Barat (Mubar) dalam mensosialisasikan tema “Indonesia Rukun” melakukan berbagai kegiatan seperti dialog kerukunan umat beragama bersama Pemda Mubar yang dilakukan pada beberapa waktu lalu.

Selain itu, beberapa waktu lalu juga Kemenag Mubar melakukan giat bina akrab sesama keluarga besar pegawai dan staf Kemenag lingkup Mubar.

Kepala Kemenag Mubar, Adnan Saufi mengatakan selain melakukan kegiatan forum dialog itu, guna memupuk kerukunan di lingkup Kemenag Mubar berbagai macam lomba dipertandingkan.

“Seperti Lomba futsal, lari karung, tarik tambang di pantai Pajala. Itu tujuannya agar sesama keluarga dari lingkup Kemenag bisa saling kompak dan juga saling kenal mengenal sati sama lain. Kalau untuk kelembagaan ada lomba kebersihan kantor ditingkat KUA Kecamatan, ” kata Adnan saat ditemui usai mengikuti Upacara HAB Kemenag ke 75 di kantor Kemenag Mubar, Selasa, 5 Januari 2020.

Adnan berharap melalui tema HAB Indonesia Rukun, masyarakat bisa menjaga keharmonisan dari berbagai perbedaan agama, ras, dan budaya yang ada.

“Kan Saya baru di sini, saya lihat masyarakat Mubar cukup rukun dan saling menghormati antar pemeluk agama. Tetapi tentu kita tidak boleh lengah dengan keadaan seperti itu. Mari kita menjaga dan merajut kebersamaan itu,” lanjutnya.

Ia pun salut dengan lembaga adat yang sudah terbentuk baik di desa maupun kabupaten.

“Falsafahnya jelas. Kalau ada masyarakat yang berbeda atau berselisih akan dikembalikan pada lembaga adat desa untuk diselesaikan,” jelasnya. (c).

Terkini