oleh

Pengaspalan Jalan Ringroad di Mubar Kembali Dilanjutkan

Reporter : Jul Awal Sanatu
Editor : Ardilan

LAWORO – Pengaspalan Jalan ring road atau jalan lingkar di wilayah Laworo Kabupaten Muna Barat (Mubar) kembali dilanjutkan tahun 2020 meski pandemi Covid-19 belum usai. Jalan itu disebut-sebut merupakan ikon daerah pemekaran dari Kabupaten Muna tersebut.

Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada mengungkapkan jalan merupakan infrastruktur dasar utama yang menjadi prioritas dalam pembangunan. Sejak awal terbentuknya Mubar, kata dia, jalan merupakan keluhan utama masyarakat di daerah itu.

“Pengaspalan ini untuk menunjang roda perputaran ekonomi masyarakat. Sebab, ring road telah menjadi mata rantai perekonomian Muna Barat. Kita tetap berbenah demi daerah ini,” ungkap Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada, Sabtu 29 Agustus 2020.

Menurutnya, dengan diaspalnya jalan lingkar merupakan bentuk keseriusan dan komitmen dirinya bersama Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani dalam membangun Mubar. Meski di tahun ini, pengaspan jalur dua hanya dikerjakan sepanjang dua kilometer saja.

“Tentunya pembangunan jalan, disesuaikan dengan anggaran yang ada. Apalagi, adanya Covid-19 ini anggaran kan berkurang. Tetapi semua kita benahi pelan-pelan,” ujarnya.

Selain infrastruktur jalan, Rajiun juga tengah fokus pada peningkatan pembangunan sektor-sektor lain seperti bidang Perhubungan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pertanian dan peternakan, perikanan, pendidikan, dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin melalui Koordinator Media Center Pembangunan PUPR Mubar, Surachman menambahkan jalan ring road jalur dua yang diaspal tahun ini hanya ruas Wuna-Lafinde dan ruas Waturempe-Tiworo.

“Itu disesuaikan dengan anggaran yang ada. Karena covid-19 yang melanda negara kita jadi semua serba dikurangi. Tapi alhamdulillah pengaspalan jalan tetap dilanjutkan, karena ini sesuai komitmen pak Bupati terhadap infrastruktur jalan. Insya Allah tahun depan dilanjutkan lagi untuk ringroad, ” kata Surachman dikonfirmasi via WhatsApp.

Ia menambahkan selain jalan ringroad, jalan yang juga diaspal tahun ini adalah ruas Guali -Sidamangura. “Alhamdulillah itu sudah mulai dikerjakan dan tuntas tahun ini,” tutupnya.

Terkini