oleh

Penerimaan CPNS di Mubar Terkesan Tidak Transparan

-FEATURED, MUNA BARAT-35 dibaca

LAWORO – Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Muna Barat (Mubar), terkesan disembunyikan. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mubar, seakan-akan tutup mata dengan penerimaan CPNS tahun 2018 ini. BKD terkesan menutup-nutupi penerimaan pegawai.

“Mubar ini tidak jelas memberikan informasi terkait penerimaan CPNS. Daerah-daerah lain sudah lama memberikan informasi formulasi penerimaan CPNS, kita masih enjel. Untung proses pendaftaran bergeser dari tanggal 19 September menjadi 26 September. Kalau pendaftaran sudah dipatenkan tanggal 19 September, kita akan kewalahan,” ungkap, salah seorang warga Kampani, Sarfin.

Safrin mengungkapkan, terbukti, beberapa daerah lain sudah dari jauh hari menyebar luaskan informasi terkait formasi penerimaan CPNS melalui media. Anehnya Mubar, baru membuka formasi kebutuhan CPNS ini.

“Untungnya, ada surat edaran baru mengenai jadwal pendaftaran yang mengalami pergeseran waktu dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya yakni dari tanggal 19 September bergeser menjadi 26 September 2018 ini,” kata Safrin.

Menurut Safrin, Pemkab Mubar dalam hal ini BKD tidak konsisten memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Harusnya informasi penerimaan CPNS sudah jauh hari disebar luaskan, bersamaan dengan daerah-daerah lain.

“Pemkab Mubar tidak pro dengan kepentingan rakyat. Tidak jelas memberikan informasi terkait penerimaan CPNS ini. Padahal itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” kritiknya.

Sarfin menambahkan, objektivitas Pemkab Mubar dalam perekrutan CPNS. Ada indikasi upaya mencampuri urusan penerimaan pegawai meskipun dilakukan secara terpusat.

“Saya ragu dengan objektivitas Pemkab Mubar, dalam perekrutan CPNS tahun ini. Jangan sampai ada tindakan kongkalikong. Akuntabilitas penerimaan pegawai patut diragukan,” sentilnya.

Anehnya lagi, saat beberapa awak media mencari informasi terkait kuota penerimaan CPNS Mubar, Kepala BKD Mubar, Rosmasari La Ute, memilih mengarahkan para wartawan untuk mencari tahu sendiri pada lembaga lain.

“Kita sudah umumkan formasi CPNS Mubar. Silahkan cari sendiri,” ucap, Rosmasari, melalui pesan SMSnya, sambil menyebut lembaga yang telah ditunjuk mengumumkan formasi CPNS.(b)


Reporter: Ali

Terkini