Mubar Zero Covid-19

Reporter : Jul Awal

Editor : Indah

LAWORO- Kabupaten Muna Barat (Mubar) merupakan satu-satunya daerah yang masuk kategori zona putih dari sebaran corona virus disease (covid-19) di Sulawesi Tenggara (Sultra). Itu tak lepas dari peran seluruh tim gugus tugas pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 Mubar, dalam melakukan pencegahan dan penanganan kasus tersebut. 

Juru bicara (Jubir) tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muna Barat, Rahman Saleh, mengatakan, Kabupaten Mubar ditetapkan sebagai daerah zona putih dari sebaran covid-19 oleh tim gugus tugas Provinsi Sultra, pada Selasa, 16 Juni 2020. Namun, walaupun masuk kategori zero covid-19, pihaknya tetap melakukan pencegahan dini terintegrasi.

“Zona putih itu sebagai bentuk warning. Kita tetap siaga, penjagaan posko masih tetap dilakukan bahkan ditingkatkan pencegahan, khususnya warga pendatang,” katanya saat ditemui di Kampobalano, usai shalat jum’at, 19 Juni 2020.

Dia menjelaskan, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muna Barat, tetap melakukan langkah-langkah pencegahan dan deteksi. Hal itu dilakukan agar status zero Covid-19, tetap dipertahankan.

Ia pun berharap, agar masyarakat senantiasa mengikuti prosedur tetap (Protap) protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah covid-19.

“Saya harap masyarakat bisa patuh, sehingga kita dijauhkan dari covid-19 ini, ” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Mubar, LM. Isar Masiala, saat ditemui di kantor bupati Mubar, mengatakan, kategori zona putih yang disematkan pada Kabupaten Mubar, tak lepas dari peran dan usaha semua tim yang terlibat dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

“Ini tak lepas dari kerja keras semua tim dan juga masyarakat melalui program yang dicanangkan Bupati Mubar, Laode M. Rajiun Tumada, dalam mencegah Covid-19 ini, yakni pencegahan dini terintegrasi melalui program Mubar Bermasker. Mudah-mudahan status zona putih ini, bisa kita pertahankan sampai status darurat Covid-19 selesai,” tandasnya.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total