oleh

Lima Siswa Mubar Wakili Sultra di Ajang KOSN Nasional

Reporter : Awal Muna

MUBAR – Lima siswa SD dan SMP asal Kabupaten Muna Barat (Mubar) dinyatakan lolos seleksi peserta Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) untuk cabang olahraga karate dan pencak silat.

Kelimanya dinyatakan lolos dalam kompetisi yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI secara virtual ini, berdasarkan hasil seleksi ditingkat Provinsi Sultra.

Selanjutnya, kelima siswa yang terdiri dari tiga jenjang SD dan dua dari SMP ini akan mengikuti final KOSN mewakili Provinsi Sultra pada 2 hingga7 Desember 2020 mendatang.

Kelima siswa tersebut yakni, La Ode Chaesar Alifatrrahim (SDN 11 Sawerigadi ), Ratu Dwi Nurhaja Nsumaso ( SDN 11 Sawerigadi ), King Purnama Yudasti (SMPN 2 Sawerigadi ), Wa Ode Sri Riski Nur Haerani (SMPN 2 Sawerigadi), La Ode Muhamad Galang Ramsay (SMPN 1 Lawa).

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mubar, Jamuddin melalui Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sarpras), Burhanudin menjelaskan, kelimanya akan mengikuti KOSN secara daring.

Kompetisi dilaksanakan dengan merekam siswa tersebut untuk memperagakan gerakan seni beladiri karate dan silat. Selanjutnya, video rekaman dikirim ke panitia KOSN.

“Untuk KOSN ini sudah disiapkan sarana untuk pengambilan video. Jadwal penginputan video ke KOSN itu mulai 21-30 November 2020, Itu akan diinput melalui sistem aplikasi khusus,” jelas Burhanudin.

Dijelaskannya juga, secara keseluruhan pihaknya mengirimkan 10 siswa jenjang SD dan SMP dalam seleksi KOSN tingkat provinsi. Dari jumlah itu, lima diantaranya lolos ke KOSN tingkat nasional.

“Silat SD 2 Putri 1 Putra dan SMP 2 Putra 1 Putri, Karate 4 orang tiga siswa SD dan 1 siswa SMP. Alhamdulillah yang lolos itu lima orang,” terangnya.

Burhanudin menegaskan, bahwa para siswa yang telah mengharumkan nama daerah tersebut akan memperolah beasiswa yang akan disalurkan langsung melalui Dikbud Mubar.

“Ini beasiswanya ada dari Pemkab Mubar karena mewakili Muna Barat juga pasti ada juga beasiswa dari Pemprov karena telah membawa Provinsi Sultra di tingkat nasional,” ujarnya.

Senada dengan itu, menanggapi prestasi putra daerah Mubar ini, Sekretaris Daerah (Skeda), LM. Husein Tali mengapresiasi dan mendoakan agar kelimanya bisa memenangkan KOSN dan membawa nama baik Sultra.

“Mari kita berikan selamat dan mendoakan semoga bisa berprestasi lebih baik lagi di tingkat nasional dan mudah-mudahan bisa membawa nama baik Muna Barat,” pungkasnya. /C

Terkini