Kesbangpol Mubar : Situasi Kamtibmas Kondusif

Reporter : Jul Awal

LAWORO-MK, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muna Barat, La Ode Andi Muna mengatakan hampir semua desa sudah melakukan pengangkatan perangkat desa baru.

Terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada tahap proses penjaringan dan pengangkatan perangkat desa, pihaknya menilai masih dalam situasi aman dan kondusif.

“Semua masih dalam keadaan kondusif dan terkendali, ” singkat Andi Muna saat ditemui di kantornya, Rabu siang, 1 Juni 2020.

Namun, sejauh ini sudah ada beberapa desa yang mengajukan keberatan atas proses pergantian perangkat desa. Pihaknya selaku pembina ideologi di wilayah, sudah melakukan langkah-langkah dengan memanggil Kades desa yang bersangkutan.

Dirinya berharap Kades bekerja dengan baik agar dalam mengambil keputusan memperhatikan dan memahami regulasi yang ada.

“Jangan sampai ada masalah dalam mengambil kebijakan dan keputusan dan menyebabkan situasi kamtibmas terganggu. Olehnya itu harus hati-hati dalam mengambil kebijakan. Ketika ada masalah maka harus kita tindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, Andi Muna menyampaikan dalam menjaga kamtibmas, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus dipahami dan diamalkan.

“Jadi kandungan nilai-nilai Pancasila harus dipahami. Kita senantiasa memelihara kamtibmas agar masyarakat hidup tentram dan damai, ” lanjutnya.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total