oleh

Jalan Ringroad Laworo di Mubar Ditarget Tuntas 2022

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Jalan Ring Road Laworo yang ada di Kabupaten Muna Barat (Mubar) saat ini telah diaspal sepanjang 27 km pada sisi kanannya dengan spesifikasi hotmix AC-BC.

Pada tahun ini kembali dilanjutkan pengerjaannya untuk ruas disebelah kanan pada ruas Wuna-Lafinde sepanjang 900 m dan pada ruas Waturempe – Tiworo sepanjang 890 m.

Koordinator Media center pembangunan PUPR Mubar, Surachman menjelaskan jika tak ada wabah global pandemi covid-19 yang berimbas pada kondisi keuangan daerah dimana adanya kebijakan refocusing dan realokasi anggaran guna mengatasi Covid-19, maka pada tahun ini Ring Road Laworo dapat saja dituntaskan.

“Namun dengan kondisi tersebut Pemerintah Daerah Muna Barat berkomitmen untuk menuntaskan pengerjaan Ring Road Laworo paling lambat pada Tahun Anggaran 2022,” ungkap Surachman, Selasa 24 November 2020.

Surachman mengatakan hal ini sejalan dengan komitmen pasangan Rahmatnya Mubar sesuai dokumen RPJMD Mubar 2017 – 2022.

Surachman menerangkan Ring Road Mubar yang sejatinya merupakan icon di daerah itu juga dimaksudkan untuk mendukung penataan Kota Laworo sebagai Ibu Kota Kabupaten.

Hal ini dilakukan melihat kedepan seiring Berkembangnya Kota Laworo, Mubar pada tahun tahun mendatang membutuhkan jaringan jalan yang memadai dan ruang milik jalan yang cukup.

“Agar seiring dengan perkembangan kota ruang milik jalan ring road Laworo dapat menampung beban lalu lintas yang semakin padat,” lanjutnya.

Untuk itu sedari awal Ring Road Laworo didesain dengan mempertimbangkan perkembangan kota 20-30 tahun akan datang.

“Jadi desain Ring Road Laworo itu tak ujug ujug dibangun, makanya dalam ruang milik jalannya hampir tidak ada tiang listrik yang menghambat arus lalu lintas kendaraan karena sejak awal dibangun dengan secermat mungkin sehingga dapat difungsikan dan tak menambah beban anggaran lagi untuk memindahkan tiang listrik dibadan jalan,” tutupnya. (2).

Terkini