Jadwal Penerbangan di Bandara Sugimanuru Dikurangi

Reporter: Jul Awal / Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – Jadwal penerbangan di Bandara Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat, dikurangi demi pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Koordinator Wings Air wilayah Muna-Mubar, Aksar menyatakan, pengurangan jadwal penerbangan mulai, Senin 30 Maret 2020 hingga 16 April 2020.

“Cuman tiga kali seminggu. Jadi hanya hari rabu, jumat dan minggu. Selain itu, cancel flight selanjutnya nanti kita akan konsultasi lagi di kantor pusat,” ungkap Aksar saat diwawancarai di Bandara Sugimanuru, Senin 30 Maret 2020.

Selain itu, Aksar mengaku kapasitas keberangkatan penumpang menurun, sementara penumpang yang datang dari Makassar, Sulawesi Selatan malah meningkat.

“Mungkin karena pemerintah mengimbau masyarakat di rumah aja, jadi mereka enggan untuk berpergian,” katanya.

Ditanya soal harga tiket sebagai dampak dari virus corona, Aksar menilai masih seperti biasa.

“Harga itu masih normal mengikuti aturan standar kementerian,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) operasi keamanan dan pelayanan darurat Bandara Sugimanuru Mubar, M Khusnudin menyebut, untuk mencegah masuknya virus corona, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemda Mubar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan.

Ia menjelaskan, pihak Pemda sudah melakukan penyemprotan disinfektan dan menyiapkan tenaga medis dan Satpol PP, serta menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh dan hand sanitizer untuk penumpang.

Lanjut Khusnudin, pihaknya mengimbau semua petugas Bandara dan pengguna jasa penerbangan tetap jaga jarak (social distancing), memakai sarung tangan, dan pada saat check in, masuknya penumpang akan dibatasi.

Untuk diketahui, jadwal penerbangan pesawat Wings Air sebelumnya diberlakukan setiap hari pukul 14.00 wita. Namun, karena adanya pandemi virus corona, cancel flight (pembatalan penerbangan) diberlakukan pada hari senin, selasa, kamis dan sabtu. (A)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda