oleh

Gugus Covid-19 Mubar Bakal Swab OTG Corona Usai Idul Adha

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid -19 Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui tim gugus tugas Kecamatan melakukan edukasi dan pencerahan terhadap warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang bakal diswab usai Idul Adha yang ada di Desa Guali Kecamatan Kusambi.

Ketua tim gugus tugas Kecamatan Kusambi, Ali Mochtar Jaya mengatakan pihaknya melakukan edukasi terhadap OTG yang kontak erat dengan dua orang yang dinyatakan positif covid-19 sebelumnya untuk memberi pemahaman agar mereka siap untuk diperiksa dan agar tetap karantina mandiri di rumah.

“Semua anggota tim gugus kecamatan turun memberikan pencerahan kepada OTG bahwa swab itu bukan hal yang menakutkan, sehingga bisa mengikuti protap kesehatan yang nantinya akan diswab di RSUD jangan sampai mereka menolak,” ucap Ali di Kusambi, Kamis 30 Juli 2020.

Ia menjelaskan untuk yang kontak erat sesuai hasil laporan dari surveylance di Guali sebanyak 19 dan dari Desa Kusambi dua orang.

“Alhamdulillah semua OTG yang belum diswab ini sesuai hasil komunikasi mereka siap diswab,” ujarnya.

Sementara itu, Juru bicara (Jubir) tim gugus tugas Mubar, Rahman Saleh mengungkapkan dari 21 orang OTG kontak erat dengan pasien positif covid-19, tujuh orang diantaranya sudah melakukan tes swab di RSUD Mubar, Rabu 29 Juli 2020 kemarin.

“Yang belum itu 14 orang dan dijadwalkan akan diswab usai lebaran ini. Dan untuk yang positif inisial RM (56) dan Ra (15) saat ini masih dalam proses penyembuhan daj alhamdulillah mereka sehat selalu,” ungkap Rahman dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis 30 Juli 2020.

Ia menambahkan untuk hasil tes swab terhadap tujuh OTG itu dipastikan keluar paling lambat pertengahan agustus ini. “Kita doakan semoga semua negatif ya,” imbuhnya.

Rahma berharap agar masyrakat selalu waspada dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita harus selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan tetap jaga kesehatan,” tutupnya.

Terkini