oleh

Disdikbud Mubar Masih Prioritaskan Program Seragam Sekolah Gratis

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Memasuki tahun 2021 berbagai program pendidikan diprogreskan demi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mubar, Jamuddin melalui Kabid Dikdas, La Umbas mengatakan tentu dalam merencanakan program itu tak lepas dari program yang dicanangkan oleh Bupati Mubar pertama LM. Rajiun Tumada.

Ia menyebut, untuk program dibidang pendidikan tahun ini yakni pemberian seragam sekolah gratis bagi siswa baru untuk TK, SD/MI maupun SMP/MTs baik negeri maupun swasta. Mulai dari sepatu, baju, celana dan topi serta batik sekolah masih menjadi prioritas.

“Program itu sangat meringankan beban bagi orang tua siswa. Program yang kedua adalah pemberian insentif pada guru non PNS baik guru SD maupun SMP yang jumlahnya sekitar kurang lebih 600 guru,” tuturnya.

Ia mengaku pihaknya juga akan memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi baik ditingkat lokal maupun nasional.

“Output dari beasiswa adalah alhamdulillah tahun 2020 lalu Muna Barat boleh dikata tahun emas bagi Muna Barat. Itu terbukti sekitar 10 siswa masuk mewakili Sultra ditingkat nasional dalam berbagai kompetisi,” terangnya.

Ia menambahkan semua program itu mengacu pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada dan Achmad Lamani saat 2017 lalu yang tercantum dalam RPJMD 2017-2022.

“Ya program ini sudah berjalan sejak Rahmat-nya Mubar memimpin daerah wite barakati ini,” tandasnya. (b).

Terkini