oleh

Ciptakan Rasa Aman Para Penumpang, Kepala Bandara Sugimanuru Gelar Simulasi PKD

-FEATURED, MUNA BARAT-8 dibaca

LAWORO – Kepala Bandara Sugimanuru, Muhamad Sabu, menggelar simulasi latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) dengan tema Sugimanuru Siaga 2017, pada Rabu (20/12) di Bandara Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Latihan PKD mencakup simulasi kecelakaan pesawat terbang (Aircraft Accident Exercise), kebakaran gedung (Fire Building Exercise) serta penanganan Bom dan ancaman keselamatan penerbangan (Security Sxercise).

Sebelum dilaksanakannya simulasi, kata Muhammad Sabu, semua peserta PKD diberikan pembekalan termasuk dirinya, Kapolsek Kusambi, H Saddu serta tenaga teknis lapangan bandara, Sekitar puluhan relawan ikut ambil bagian dalam simulasi tersebut.

“Kami selenggarakan pelatihan penanggulangan keadaan darurat kesatu, guna meningkatkan kesiagaan personil dan fasilitas, karenanya kami harapkan pada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan berperan serta,” ucap Muhammad Sabu.

Muhammad Sabu juga mengatakan, kegiatan simulasi PKD ini baru pertama kali dilakukan guna menguji fungsi koordinasi, komunikasi, komando, dan sinkronisasi antar unit dan instansi sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan Document) dan Dokumen Program Keamanan Bandara (Airport Security Program Document).

Sementara itu Wakil Bupati Muna Barat, Achmad Lamani, sangat mengapresiasi dan mendoakan seluruh peserta simulasi agat berjalan dengan baik sampai akhir latihan. Dia mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Bandara Sugimanuru, tapi juga di bandara lainnya.

“Ini adalah untuk menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat khususnya para penumpang,” katanya.

Untuk diketahui, Saat simulasi PKD dilaksanakan, dibuat riil dan mendekati kondisi nyata dengan melibatkan sekitar 100 orang gabungan TNI dan Polres Muna.

Reporter: Erwin
Editor: Kardin

Terkini