Cegah Covid-19, Pemdes Kusambi Mubar Semprot Disinfektan Rumah Warga

Reporter: Jul Awal

LAWORO – Pemerintah Desa (Pemdes) Kusambi, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan penyemprotan disinfektan di semua rumah warga.

Sebanyak 205 unit rumah masyarakat menjadi sasaran penyemprotan. Bukan hanya itu, tempat umum seperti tugu pesawat, Bandara Sugimanuru, dua masjid, balai pertemuan dan lapak pedagang kaki lima (PKL) juga ikut disemprot.

Kepala Desa (Kades) Kusambi, Ruslan menyatakan kegiatan itu serentak dilakukan di semua desa se-Kecamatan Kusambi yang dimulai, Kamis 9 April 2020.

Sebelumnya juga, dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, pihaknya bersama dengan pemerintah kecamatan setempat, bersosialisasi tentang imbauan dan cara mencegah virus mematikan itu.

Ia mengerahkan seluruh perangkat dan tim gugus tugas desa pencegahan dan penanganan pandemik covid-19.

“Tujuan kegiatan ini adalah selain mencegah juga mensterilkan rumah warga dari virus corona,” ungkap Ruslan kepada Mediakendari.com saat memantau perangkatnya di Desa Kusambi Kecamatan Kusambi, sore tadi.

Ia mengaku masyarakat sudah ada kesadaran yakni usai bersosialisasi secara rutin, warganya sudah jarang keluar rumah.

Selain mencegah corona, ia juga berpesan agar menjaga kebersihan lingkungan. Karena menurutnya, penyakit demam berdarah (DBD) juga menjadi perhatian utama selain corona.

“Disini lalu pernah terjadi kasus DBD pada balita. Jadi saya harap agar menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat,” tambahnya.

Kedepan pihaknya akan membangun posko di setiap dusun. Hal ini untuk memastikan dan mengawasi pergerakan orang yang baru masuk di desanya. Selain itu juga, ia merencanakan ruang isolasi bagi warga yang baru datang dari perantauan.

Ia mengimbau masyarakatnya tetap mematuhi imbauan pemerintah seperti rutin mencuci tangan pakai sabun anti septik, jaga jarak dan hindari kerumunan.

Terakhir, dalam waktu dekat pemerintah desa berencana membagikan masker kepada seluruh masyarakat dan pembuatan maskernya sementara diproses.

“Insya Allah dakam waktu dekat ini penjahit yang ada di desa kusambi akan merampungkannya dan tim gugus tugas covid 19 desa kusambi akan segera menyalurkannya,” tutupnya. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda