Camat Kusambi Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 dan DBD

Reporter : Jul Awal

LAWORO – Pemerintah Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) mensosialisasikan pencegahan Covid-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan pengeras suara di sepuluh desa se- Kusambi, Senin 23 maret 2020.

Camat Kusambi, Ali Mochtar Jaya menjelaskan, sosialisasi dilakukan untuk pencegahan covid-19 dan DBD, dengan memberikan penjelasan cara pencegahan virus yang mematikan itu.

“Ini juga sesuai instruksi Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada,” kata Ali Mochtar kepada MEDIAKENDARI.com, Selasa 24 Maret 2019.

Ali menyebut, instruksi itu untuk dipatuhi masyarakat, karena covid-19 sudah masuk Sultra. Instruksi tersebut diantaranya, meminta warga sesering mungkin cuci tangan pakai sabun, tidak keluar daerah.

“Melapor ke pemerintah atau Puskesmas bila ada warga yang baru pulang dari daerah atau negara lain, dan tidak kontak langsung atau jaga jarak satu meter saat berkomunikasi,” tegasnya.

Ia juga melarang warga membeli kebutuhan secara berlebihan dan bagi pedagang sembako diperingatkan untuk tidak menimbun dagangan. “Bagi pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang apalagi memainkan harga,” tegasnya.

Dirinya juga memerintahkan disediakannya keran air dan sabun cuci di kantor kecamatan dan kantor desa kelurahan dan meminta warga menerapkan pola hidup sehat serta membersihkan lingkungan.

“Membersihkan tempat air di dalam rumah sehingga tidak menjadi tempat jentik nyamuk,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolsek Kusambi Ipda Abdul Hasan mengapresiasi Pemerintah Kecamatan. “Ini merupakan isu global yang harus dicegah. Jadi semua harus bersinergi antara Polri, Pemerintah, dan masyarakat,” kata Ipda Abdul Hasan.

iklan bersama melawan covid-19

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI