oleh

Bupati Mubar Minta Kades Cepat Lengkapi Dokumen Pencairan DD

Reporter: Jul Awal / Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada meminta para Kepala Desa (Kades) secepatnya melengkapi dokumen pencairan Dana Desa (DD) paling lambat pekan depan, agar pencairan tahap satu segera terealisasi.

Dia juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) maupun pendamping desa, membantu menyelesaikan kekurangan dokumen tersebut.

“Semua urusan itu harus dicarikan jalan keluarnya tanpa membebani para kepala desa,” jelas Rajiun saat memberikan sambutan dalam rapat bersama kepala desa, lurah dan camat se-Mubar di Aula Kantor Bupati Mubar, Rabu 18 Maret 2020.

Selain itu, Rajiun meminta penyusunan program pembangunan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), tidak tumpang tindih dengan program pemerintah daerah.

“Dengan demikian dalam pertanggungjawaban anggaran tidak menemui masalah. Intinya kerjakan ini secara bersama-sama supaya cepat dan benar,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala DPMD Mubar, Laode Tibolo mengatakan, belum setengah dari jumlah 81 desa yang sudah menetapkan APBDes. Ia memastikan pencairan dilakukan jika semua kelengkapan dokumen dan ApBDes sudah diverifikasi.

“Baru 25 desa dari 81 desa se-Mubar,” ungkap Tibolo saat ditemui di Desa Kasakamu, Kamis 19 Maret 2020.

Ia menambahkan sebelum pencairan DD tahap awal, pihaknya akan mengundang semua kades untuk rapat dan sosialisasi penggunaan DD dan pengadaan barang dan jasa. (B)

Terkini