oleh

Bansos Tahap 1 Untuk Mubar Cair, Ini Jadwalnya

Reporter : Jul Awal Sanatu

LAWORO – Bantuan sosial tahap l untuk Kabupaten Muna Barat berupa, bantuan sosial tunai (BST), bantuan pangan non tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH) telah dicairkan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna Barat, Laode Takari mengatakan bansos dari kementerian berupa BST, BPNT, dan PKH sudah dikirim dan tinggal diambil atau dicairkan ke rekening warga penerima.

Untuk BST sebesar Rp 300 ribu, ada yang harus diambil langsung lewat Kantor Pos dan juga ada yang dikirim langsung ke rekening warga penerima manfaat. Untuk pencairan via Kantor Pos sendiri, disesuaikan dengan jadwal dari Kantor Pos.

“Kalau bantuan pangan non tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH), insya Allah minggu ini juga sudah mulai disalurkan,” lanjutnya.

Mantan Camat Sawerigadi ini menjelaskan untuk Kabupaten Muna Barat jumlah penerima manfaat bantuan sosial tahun 2021 yakni untuk BST 4192 penerima, BPNT 8185 penerima, dan PKH 6359 penerima.

“Khusus BST, direncanakan sampai April tapi tergantung situasi pandemi covid-19. Tidak ditahu perjalanannya karena sekarang kan masa pemulihan ekonomi. Untuk sementara ini sampai bulan empat dulu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Kambara, La Haeni saat ditemui di kantornya menjelaskan untuk menghindari kerumunan penerima BST sudah bisa diambil sesuai jadwal dan tempat yang ditetapkan.

“Ya sudah bisa diambil tapi sesuai jadwal. Kami jadwal untuk pencairan sampai tanggal 14 bulan ini. Kan wilayah kerja kami hanya 6 Kecamatan yaitu Tiworo Selatan, Tiworo tengah, Tikep, Lawa, Barangka, dan Sawerigadi,” jelasnya.

Haeni menambahkan adapun jadwalnya itu untuk Kecamatan Tiworo Tengah sudah dijadwalkan pada tanggal 9 Januari lalu. Menyusul Lawa pada hari berikutnya tanggal 10 Januari 2021.

“Untuk hari ini itu jadwalnya Kecamatan Barangka bertempat di Balai Desa Lapolea, besok Sawerigadi di Kantor Pos Kambara dan terakhir tanggal 14 Kecamatan Tikep,” terangnya.

Dirinya berpesan untuk warga penerima manfaat yang hendak mengambil BST agar mematuhi protokol kesehatan.”Diminta KPM menggunakan masker saat datang menerima BST nya,” tutupnya. /B

Terkini