oleh

Alhamdulilah, Seluruh Puskesmas di Mubar Sudah Terakreditasi, Dua Berstatus Utama

Reporter : Jul Awal / Editor: Kang Upi

LAWORO – Visi Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), nampaknya patut di apresiasi.

Hal itu terbukti dengan telah terakreditasinya seluruh Puskesmas di Mubar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sesuai hasil penilaian Tim Akreditasi Puskesmas.

Pramuka

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, La Ode Muhammad Isar Masiala menjelaskan, yang terbaru, sertifikat akreditasi tujuh Puskesmas telah diserahkan langsung Bupati Mubar, Laode M Rajiun Tumada siang tadi.

“Yakni Puskesmas Guali, Lawa, Maginti, Tondasi, Tiworo Selatan, Kampobalano, dan Tikep,” kata La Ode Muhammad Isar via whatsapp, Kamis malam, 11 Juni 2020.

Isar menjelaskan, sebelumnya sebanyak delapan Puskesmas telah mendapat nilai akreditasi pada Februari 2020 lalu. Untuk proses penilaian akreditasinya dilakukan November 2019.

“Ya, sisanya ada 7 Puskesmas itu yang baru-baru terakreditasi. Alhamdulillah saat ini semua sudah terakreditasi yakni 15 Puskesmas, ” lanjutnya.

Diungkapkannya, berdasarkan penilaian Tim Akreditasi Puskesmas, sebanyak 6 Puakesmas terakreditasi dengan nilainya dasar, 7 puskesmas terakreditasi dengan nilai Madya dan 2 Puskesmas terakreditasi dengan nilai utama.

“Yang terakreditasi nilai utama itu adalah Puskesmas Maginti dan Puskesmas Lawa,” paparnya.

Isar menurutkan, untuk item yang dinilai dalam akreditasi yakni administrasi (admin) Puskesmas, Upaya kesehatan perorangan (UKP), Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM).

“Juga Bangunan fisik Puskesmas berupa penampilan Puskesmas, ruangan pelayanan atau pendaftaran, ruangan poli, ruangan KIA dan lainnya yang mengacu ke permenkes 75 tahun 2018,” tutupnya.

Untuk diketahui, 6 Puskesmas nilai dasar adalah Puskesmas Wuna, Puskesmas Tiworo tengah, Puskesmas Sidamangura, Puskesmas Lailangga, Puskesmas Kombikuno, dan Puskesmas Barangka.

Sedangkan untuk 7 Puskesmas nilai madya adalah Puskesmas Tondasi, Puskesmas Marobea, Puskesmas Guali, Puskesmas Tiworo Selatan, Puskesmas Kampobalano, Puskesmas Tikep, dan Puskesmas Pajala.

Terkini